Senin, 25 Februari 2008

NGE-JUICE BUAH & SAYUR YUK...

Back to nature kini mulai dilirik kembali...Pengetahuan masyarakat akan pemilihan makanan yang tidak saja bergizi sekaligus sehat dan mudah dikonsumsi untuk menjaga kebugaran tubuh, makin meningkat. Selain untuk menjaga tubuh, kini banyak pula khasiat dari bahan-bahan alami yang tidak sedikit dalam mengembalikan kesehatan sekaligus kebugaran dalam proses peyembuhan.Banyak pula kini buku maupun penelitian yang memperlihatkan khasiat-khasiat dari konsumsi bahan-bahan dari alam, seperti buah maupun sayur ini.Ditengah maraknya therapi komplementer, yakni therapi yang memadukan pengobatan Barat yang konvesional dengan pengobatan Timur yang tradisional, tak ada salahnya kita mencoba memadukannya untuk mejaga kualitas tubuh kita secara seimbang. Salah satunya membiasakan mengkonsumsi minuman sehat dari buah atau sayur ini.

APA SAJA YANG DAPAT DI-JUICE?
Pada dasarnya bahan yang dijuice adalah bahan yang biasa kita konsumsi dari alam,mentah yakni buah maupun sayur. Yang biasa dikonsumsi oleh kita masih terbatas pada buah-buahan, yang terkenal karena rasanya yang pas di lidah. Padahal, sayuran pun ternyata dapat dijuice, bahkan beberapa dapat digunakan untuk mengobati.Buah-buahanyang biasa digunakan antara lain alpukat, apel, aprikot,alfalfa, kurma, ceri,jeruk,anggur,kismis,mangga, kesemek, plum, delima, lemon, sitrun, pepaya, tomat, nenas, semangka, pisangSayur-sayuranya antara lain asparagus, beet, broccoli, timun, kubis atau kol, seledri, lettuce, daderloin, bawang, bawang putih, bayam, paprika, kacang panjang, selada air, kentang, wortel, taoge, belewah, cabe, sawi hijau zaitun, kapri, kentang, labu, peterseli.Banyak ?.. ya.. ternyata begitu banyak bahan alam yang ada di sekitar kita yang sehat dikonsumsi ( tentu sahabat dapat memilahnya sendiri mana yang sesuai dan yang tidak menimbulkan masalah dengan tubuh ).

KHASIAT DIBALIK SAYUR DAN BUAH
Subhanalloh, Alloh menciptakan banyak buah dan sayur dengan banyak sekali khasiat dibaliknya. Beberapa peneliti telah meneliti manfaat dari bahan-bahan ini. Bahan yang murah dan mudah kita dapatkan di sekitar kita.Berikut adalah kombinasi buah dan sayur yang beserta manfatnya, yang tidak sedikit misalnya saja..Juice apel yang dikombinasikan dengan bayam untuk kasus-kasus sembelit,radang sendi, kolesterol dan trigliserid yang tinggi
Juice alpukat ditambahkan dengan tomat,kyo green, kyolic bawang putih,lemon dan rumput laut sangat baik untuk kulit dan kulit kepala yang kering serta malnutrisi.
Juice pisang dicampur dengan buah pir, pepaya,jambu biji atau mangga baik untuk peradangan usus. Bahkan ada dokter anak yang menganjurkan anak yang diare (tentu yang belum terlalu berat) untuk mengkonsumsi pisang karena kandungan Kaliumnya yang tinggi.
Juice toege dengan dikombinasikan dengan apel dan syrup pepaya bisa pula dikombinasikan. Toege mengandung asam amino yang baik untuk kelenjar dan masalah keseimbangan hormon.
Juice Mentimun untuk menghaluskan kulit atau
Juice Wortel telah diketahui baik untuk penglihatan juga baik untuk gangguan kulit, akumulasi logam berat maupun pencegahan lupus erythematosus.

DI-JUICER ATAU DI-BLENDER?
Kadang kita mengartikan juice adalah minuman yang dibuat dari buah-buahan yang diblender, yang dicampur dengan es, gula, atau syrup sedangkan blendernya alat untuk membuat juice tadi. Padahal keduanya berbeda. Juice berarti mengambil sarinya saja/airnya, sedangkan mem-blend artinya mencampur. Keduanya memilki kelebihan serta kekurangan. Dengan menjuice kita dapat mempermudah kerja penyerapan karena makanan keras membutuhkan waktu yang relatif lebih lama unruk diserap dan juga membebani alat-alat pencernaan,ini cukup membuat beban apalagi bila ada masalah (misalnya penyakit) yang berhubungan dengan alat-alat pencernaan. Sari dari sayuran maupun buah dapat dengan cepat memenuhi kebutuhan kebutuhan sel-sel dan jaringan tubuh dengan mengganti sel-sel yang rusak, selain itu juice sangat menolong bagi orang yang memiliki pencernaan yang lemah dan berusia tua, kandungan gizinya disinyalir pun lebih besar daripada ampasnya.Dengan memblend kita mendapatkan lebih banyak serat/selulosa dari ampas buah dan sayur, yang juga sebenarnya diperlukan tubuh kita. Selain itu akan didapat keseimbangan antara serat dan kandungan gula pada bahan yang mengandung gula yang cukup tinggi.Tentu ini berpengaruh bagi penderita kencing gula. Pada apel, wortel, anggur atau jeruk tanpa adanya serat akan menimbulkan kerusakan tingkat gula darah pada diri seseorang.Namun kini ada pula alat yang mampu memblender sekaligus menjuicer bahan-bahan tadi, sehingga ampas tidak terlalu banyak terbuang.Apapun alatnya, kita tetap berupaya untuk kembali mengkonsumsi makanan sehat yang tidak perlu dimasak, masih segar dan alami..

MEMBUAT JUICE SENDIRI
Setelah kita memilih bahan-bahan yang akan dibuat juice atau blend (apapun namanya ),maka ini beberapa cara yang mudah dan sehat pengolahannya :
1. Cucilah buah atau sayur dengan air yang mengalir bila perlu sikat sampai bersih, karena biasanya masih terdapat sisa-sisa pestisida2. Bila sahabat tidak memiliki alatnya berupa juicer maupun blender, maka parutan dan saringan dapat menjadi alternatif untuk pengolahannya3. Bila menggunakan juicer maupun parutanada yang menyarankan sebaiknya tidak menggunakan campuran air, karena yang akan kita ambil adalah benar-benar sarinya!walau pada beberapa alat ada yang harus mengunakan tambahan air untuk melarutkan.4. Potong-potong buah atau sayur kemudian masukkan pada alatnya 5. Bila ampas masih banyak dan basah pada juicer, masukan kembali kedalam juicer supaya sarinya dapat dimanfaatkan.6. Minuman sehat pun tersaji

MANFAATKAN ‘AMPAS’
Bila kita membuat juice,kadang banyak sekali ampas yang tersisa. Yang pertama dalam benak kita terkadang hanya berakhir di tempat sampah. Padahal banyak yang dapat dimanfatkan dari ampas juice tadi1. Ampas yang mengandung sulfur seperti ampas kubis, kale, bawang putih baik sebagai penutup pada kasus luka bakar dan diganti dalam beberapa jam.2. Ampas wortel, timun, labu baik mengobati peradangan kulit. Ampas ini baik intuk mempercepat proses pendinginan, dan efektif untuk memerangi demam.3. Ampas yanh mengandung kandungan asam yang tinggi baik untuk menyambung dan menyatukan luka robek. Ini digunakan di Kairo yang menggunakan ampas kesemek untuk mengobati kulit yang tergores pisau4. Ampas jeruk,dapat digunakan untuk kerut-kerutan pada wajah.5. Resep dapur. Misalnya saja memadukan beberapa ampas sebagai salad, pembungkus buah-buahan,adonan roti, atau camilan bergizi.
Setelah melihat mudahnya untuk ‘back to nature’tidak ada salahnya kita mulai membiasakan untuk mengkonsumsi juice sebagai kebiasaan sehari-hari.Boleh dicoba...

Sumber : - Ensiklopedi Juice Buah dan Sayur untuk Penyembuhan, John Heinerman- Diet & Juice Therapy, DR.R.A Naiggolan

Tidak ada komentar: